Senin, 30 Maret 2015

Pulpen dari "Pohon Ajaib" Dijual Rp56 Juta



Produsen pena dan jam tangan mewah Montblanc akan menjual ratusan pulpen yang terbuat dari "pohon ajaib" dari Jepang. Satu buah pulpen edisi terbatas ini akan dihargai US$4.400, lebih dari Rp56 juta.

Diberitakan Asia One, Kamis (26/2), pohon ajaib adalah sebutan untuk sebuah pohon pinus yang selamat dari terjangan tsunami tahun 2011 yang menewaskan lebih dari 19 ribu orang di Jepang.

Pohon itu adalah satu-satunya yang tegak berdiri saat 70 ribu pohon di pantai kota Rikuzentakata di prefektur Iwate tumbang.

Usai bencana tersebut, pohon itu mati. Pemerintah setempat telah menghabiskan uang hingga 150 juta yen atau lebih dari Rp16,2 miliar untuk menyelamatkan pohon tersebut dan menjadikannya monumen bencana.

Walikota Futoshi Toba lantas meminta cabang Montblanc Jepang untuk menggunakan kayu dari pohon itu untuk dibuat pulpen.

"Pinus itu adalah satu-satunya yang memberi kami harapan dalam keputusasaan usai bencana. Dengan bantuan Montblanc, dunia tidak akan melupakan tragedi itu," kata Toba.



Perusahaan asal Swiss itu membuat 113 pulpen dari kayu pohon ajaib. Jumlah ini menandakan tanggal bencana terjadi, yaitu 11 Maret. Pulpen ini akan dijual di peringatan empat tahun gempa dan tsunami terjadi bulan depan.

Harga satu buahnya lebih dari Rp56 juta. Montblanc mengatakan akan menyumbangkan 20 persen dari penjualan untuk kota Rikuzentakata.

Juru bicara Montblanc mengatakan, harga pulpen ini mahal karena dibuat dari kayu langka yang "tidak cocok untuk membuat pulpen". Montblanc menolak menjelaskan soal modal mereka membuat pulpen tersebut, atau berapa banyak keuntungan yang didapatkan dari penjualan tersebut.

1 komentar: