Sabtu, 21 Maret 2015

Membedakan Zippo Asli dan Palsu

     Membedakan Zippo asli dan palsu (Zippo KW) sudah menjadi pertanyaan umum dan mendasar bagi banyak penggemar baru Zippo, bahkan yang awam sekalipun. Sejujurnya pengetahuan untuk bisa membedakan Zippo asli dan palsu bukanlah satu hal yang mudah untuk diajarkan ke orang lain. Zippo Mfg. sendiri tidak mengeluarkan panduan yang jelas dan praktis mengenai topik ini, bahkan cenderung bias.
Sehingga muncul bermacam tips membedakan Zippo asli dan palsu dengan beragam tingkat validitasnya masing-masing. Ada yang copy-paste, ada yang berdasarkan perkiraan dari beberapa hal yang dilihatnya dari beberapa koleksi milik pribadi, ada yang melalui perbandingan banyak Zippo dan membaca sumber literasi dan diskusi dengan banyak penggemar Zippo lainnya.

     Sejarah Zippo mencatat pemalsuan Zippo mulai terjadi sejak tahun 1941 di Amerika. Disebabkan pada tahun 1941-1943 Zippo hanya memasok seluruh produksinya ke pos-pos militer Amerika Serikat yang sedang terlibat Perang Dunia II. Saat itu permintaan pasar akan Zippo cukup tinggi, sedangkan barangnya tidak ada di pasaran, sehingga memancing beberapa pihak untuk memalsukannya.

    Sampai saat ini, bila kita berkunjung ke situs Zippo, situs klub Zippo yang lama (Zippoclick.com) dan beberapa situs komunitas Zippo lainnya. Jawaban paling umum yang didapat seseorang ketika menanyakan pembeda Zippo asli dan palsu adalah “Beli di tempat yang terpercaya.”, atau “miliki dulu yang asli, nanti akan tahu sendiri” atau “tanya kepada teman yang sudah lebih dulu menggunakan Zippo”.

    Karena memang kualitas Zippo palsu pun bervariasi. Istilah pasarannya mulai dari KW 3 hingga KW Super. Ditambah lagi dengan banyaknya perbedaan detil kecil pada ornamentasi Zippo asli dari waktu ke waktu, seperti format tulisan pada body insert Zippo, peletakan tanda ® pada cetokan bawah Zippo, dan lain sebagainya. Membuat pembakuan cara mengenali Zippo asli dan palsu hampir mustahil. Namun bukan berarti tidak mungkin.

 

 

Tips Dasar Membedakan Zippo Asli dan Palsu

Saya mencoba berbagi beberapa tips dasar untuk membedakan Zippo asli dan palsu. Yaitu :

1. Material casing luar Zippo. Material casing Zippo terbuat dari bahan kuningan, apapun warna finishing luarnya. Zippo palsu umumnya terbuat dari besi babet atau dari aloy kuningan berkualitas rendah.
  • Pada gambar bagian kanan di bawah ini adalah Zippo KW yang sudah di etsa (grafir menggunakan kimia), terlihat lama-kelamaan terjadi karat.


Kiri : Asli . Kanan : Kw
2. Kualitas chrome finishing Zippo. Pada Zippo palsu yang biasa, kualitas kilap chrome nya sangat berbeda dengan Zippo asli. Yang palsu terlalu mengkilap dan terlihat murahan. Kualitas chrome Zippo KW seringkali terlihat tidak merata, sedangkan yang Zippo asli jauh lebih mulus chrome-nya.
Zippo KW 
Chrome Zippo KW tidak rata.
 Zippo Asli
 Kualitas chrome Zippo asli jauh lebih halus.
3. Kualitas cetakan huruf pada bagian bawah casing Zippo. Untungnya, untuk yang satu ini bahkan KW super pun belum bisa menyamai kualitas cetakan Zippo asli.
    Atas : Zippo Kw . Bawah : Zippo Asli
  • Pada gambar di atas terlihat kualitas cetakan dasar Zippo yang berbeda (yang atas Zippo KW super, yang bawah Zippo Asli)


4. Material Insert Zippo. Material insert Zippo yang asli adalah baja pres yang di-chrome. Pada Zippo palsu bisa dilihat kilau aluminium nya lebih buram ketimbang yang asli.
5. Ornamen roda pemantik. Pada bagian kanan roda pemantik terdapat garis-garis tertentu.
  • Lihat gambar di bawah ini, bagian kiri Zippo KW, bagian kanan Zippo Asli.


6. Arah gerigi roda pemantik. Gerigi roda pemantik Zippo yang asli bila dilihat sepintas akan terlihat miring, sedangkan pada Zippo palsu biasa, gerigi pada rodanya arahnya horizontal, atau rata kesamping. Lihat gambar di bawah ini, bagian kiri Zippo KW, kanan Zippo asli.
Kiri : Zippo Kw . Kanan : Zippo Asli

7. Lengkungan pada tutup*. Tutup Zippo apabila dilihat dari samping akan terlihat agak melengkung ke atas, sedangkan pada Zippo KW tidak, alias rata saja. Hal itu menyebabkan sudut pertemuan antar bidang datar casing Zippo terasa lebih ‘tajam’, secara kasat mata akan terlihat lebih kaku bentuknya ketimbang Zippo asli. Dengan cara ini saya seringkali dapat membedakan Zippo asli dan palsu dengan sekali lihat saja.*Poin ini tidak berlaku untuk KW super. (gambar menyusul)

8. Harga. Umumnya banyak Zippo palsu yang dijual di pusat perbelanjaan pada kios-kios kecil menjual Zippo palsu (bertuliskan Zippo dan menggunakan kotak Zippo), dengan kisaran harga 90-150 ribu. Namun berhati-hatilah, sekarang ada juga yang menjual Zippo KW super dengan harga Zippo asli (500 ribu lebih).

9. Tempat Membeli. Offline: Saya tidak menyarankan untuk membeli Zippo dan aksesorisnya di booth-booth yang menjual bermacam pernik dan bermacam korek lainnya. Online: Untuk yang satu ini lakukan cara antisipasi sebagaimana Anda berbelanja barang lain secara online. Lebih aman lagi beli di tempat yang direkomendasikan teman Anda (yang pernah beli di situ).

 10.Barcode pada box Zippo.
Tiap varian Zippo memiliki kode sendiri. Biasanya Zippo palsu yang dijual berikut box-nya barcode / kode yang tertera pada box-nya sama semua walau Zippo didalamnya berbeda varian.





Mungkin cuman itu aja cara membedakan zippo asli atau kw dari ane.. :D

0 komentar:

Posting Komentar