Jumat, 20 Maret 2015

7 Alasan Kenapa Kita Harus Meningkatkan Rasa Humor


 Kita selalu mendengar ungkapan “Tertawa adalah obat yang terbaik”, Namum sedikit dari kita tidak menyadari bahwa ungkapan ini sudah terbukti secara medis. Memiliki rasa humor dan tertawa dapat bermanfaat bagi kesehatan kamu secara fisik, emosional dan bahkan kehidupan sosial.
Dengan tertawa secara otomatis hidup kita bakal lebih sehat karena tertawa adalah obat gratis dibandingkan harus berobat ke dokter yang biayanya sangat mahal , jadi tertawalah sebelum tertawa dilarang :)
Berikut adalah alasan kenapa kita harus mengembangkan rasa humor :

1.) Tertawa memicu pelebaran atau perluasan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah

“Bisa dibayangkan bahwa tertawa mungkin penting untuk menjaga endotel yang sehat , dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular , ” kata peneliti Michael Miller

 

2.) Meningkatkan kesehatan emosional .

 Tawa dan humor memicu sel otak otak untuk melepaskan dopamin , yang membantu otak untuk memproses respon emosional dan meningkatkan pengalaman kesenangan ; serotonin , yang mengangkat suasana hati ; dan endorfin yang mengatur rasa sakit dan stres dan menyebabkan euforia .


3.) Dengan kemampuan humor yang baik , kamu dapat memainkan peran penting dalam kehidupan sosial .

 Tertawa memainkan peran penting dalam mengatur percakapan antar manusia dan juga mempunyai dampak signifikan dalam memfasilitasi ikatan sosial antara kelompok individu . Rasa humor adalah penting dalam komunikasi interpersonal dan daya tarik. Bahkan para ahli pun berpendapat bahwa tertawa dapat meningkatkan keharmonisan rumah tangga .


4.) Dapat membuat kamu lebih atraktif dan menarik .

 Penelitian telah menunjukkan bahwa pria dengan selera humor yang baik akan lebih menarik dihadapan wanita maupun lingkungannya. Dengan memiliki rasa humor membuat kamu lebih nyaman di dalam situasi sosial seperti pesta , dugem, atau acara lainnya dan bahkan dapat membantu kamu memperluas lingkaran social-mu, ya istilah umumnya banyak teman banyak rejeki lah .
Dan fakta lainnya adalah jika kamu memiliki rasa humor yang baik dalam wawancara kerja, kemungkinan untuk diterima kerja pun lebih tinggi .

5.) Dapat menurunkan stress dan tingkat kecemasan .

Dengan tertawa kita bisa menurunkan stress dan dapat membuat kita lebih bahagia. Jadi kalau kamu merasa stress atau cemas segeralah nonton tv atau film yang dapat membuatmu ketawa dan yang lebih baiknya adalah pergi hangout bareng teman-teman dan menceritakan hal-hal yang lucu . Hal ini dapat membantu kamu lebih bahagia .
Tawa adalah sesuatu yang menular, jadi gak ada salahnya jika kamu menghibur teman kamu dengan berbagi lelucon dengan mereka.


6.) Memperkuat sistem kekebalan tubuh .

Stres adalah sumber dari segala penyakit, stress dapat meningkatkan risiko penyakit menular dan penyakit jantung . Rasa humor yang baik mencegah stres dari mempengaruhi sistem kekebalan tubuh , melindungi kamu dari berbagai penyakit penyakit .



7.) Ini bermanfaat bagi sistem pernapasan .

Tertawa menyediakan metode tercepat dan termudah untuk mengatur pernapasan dan membilas paru-paru . Hal ini menyebabkan peningkatan langsung antara denyut jantung , laju pernapasan dan konsumsi oksigen .
Jika kamu tertawa kemungkinkan memaksa paru-paru untuk bernapas lebih dalam dan ini dapat meningkatkan kesehatan pernafasan terutama bagi mereka dengan penyakit pernapasan seperti asma .

 


0 komentar:

Posting Komentar